Monday 29 April 2013

Erotomania

Karena mendapat tugas dari dosen Keperawatan Jiwa, Saya membaca buku Psikologi Abnormal (belajar cuma kalau dapat tugas :D) dan saya tertarik pada suatu gangguan kejiwaan, yaitu Erotomania dan Paranoid.
Bagaimanapun juga, saya katakan, seseorang memiliki ketertarikan lebih pada sesuatu yang mirip dirinya. Dua hal tersebut memiliki potensi dalam diri saya,
Disini saya hanya akan sedikit mengulas tentang Erotomania atau disebut juga de Clerambault's Syndrome.


Menurut Gaetan Gatian de Clerambault, seorang psikiatris asal Perancis, erotomania adalah salah satu penyakit jiwa yang diderita seseoarang yang merasa dirinya dicintai oleh seseorang, padahal kenyataannya tidak.

Erotomania berasal dari bahasa Yunani, eros yang berarti cinta dan manic yang artinya berlebihan. Jadi arti harafiahnya adalah cinta yang berlebihan. Seorang erotomania memiliki pemikiran bahwa dia memiliki kontak batin dengan orang yang mencintainya itu.Dalam ilmu kejiwaan, erotomania merupakan gangguan yang dipengaruhi oleh dilusi atau isi pikiran yang tidak sesuai dengan kenyataan.

umumnya, penderita erotomania jatuh cinta dengan orang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi dari dirinya, namun tidak berarti orang-orang biasa pun bisa menjadi objeknya. Objeknya pun kadang tidak cuma satu, tapi banyak dan dalam waktu yang bersamaan.

Erotomania pada kadar yang rendah biasa terlihat seperti sifat GR pada umumnya. GR biasanya cuma bersifat sesaat sedang penderita erotomania akan terus memupuk pikiran dan perasaannya sedalam mungkin. fantasinya akan berkembang terus, sampai dia yakin bahwa orang itu adalah pasangan hidupnya dan mereka seharusnya hidup bersama sampai maut memisahkan.

Walaupun merasakan cinta yang mendalam, penderita erotomania tidak pernah   berpikir secara seksual terhadap objeknya. Mereka hanya membayangkan memiliki momen-momen indah yang romantis dengan objeknya. Para erotomaniak juga akan berusaha menjalin komunikasi dengan objeknya baik dengan menelepon, email, atau bahakan sampai mengirimkan hadiah. Mereka juga terkadang menjadi penguntit dan mengikuti kegiatan yang dilakukan targetnya.

Menurut penelitian, penyakit ini biasanya disebabkan karena kurangnya perhatian yang diterima seseorang saat dia masih kanak-kanak. Kegagalan dalam membina hubungan dan perasaan sebagai seorang pecundang (rendah) juga bisa memicu munculnya penyakit ini.

Penderita erotomania yang telah masuk tahap akut (melakukan tindakan-tindakan kriminal: menguntit, meneror, dan bahkan membunuh), tidak akan bisa dikembalikan pada keadaan normal dan hanya bisa dibantu dengan obat-obatan seperti antidepresan sebagai penenang. Namun yang masih dalam taraf ringan, masih bisa diselamatkan dengan menggunakan Behavior Cognitive Therapy. Terapi ini dapat meruntiuhkan ide-ide bahwa dia dicintai oleh orang-orang tertentu, kemuadian fantasinya dikembalikan pada kenyataan.

Penyakit ini sesungguhnya tidak bisa dihindari karena semua orang pasti akan merasakan jatuh cinta. Orang yang normal mungkin saja masih bisa mengatasinya, tapi bagi seseorang yang mungkin memiliki trauma masa kecil akan sangat kesulitan mengendalikannya.
( http://brainfolder.wordpress.com/tag/erotomania/ )



Wew, ekstrim juga ya?
saya katakan mirip dengan saya karena saya dikenal sebagai yandere, yang memiliki kemiripan sifat dengan penderita erotomania. Parahnya saya juga merasa bahwa mantan saya masih menyukai saya sampai saat ini, padahal jelas-jelas dia sudah punya seseorang yang disukai. dan saya tahu dia tidak ingat saya lagi (kecuali sebagai seseorang yang telah memberikan trauma mendalam dalah hidupnya)

Tapi itu bohong :P
(bila perlu ditambahin 'dia selalu membuat bekal makan siang untuk saya, meskipun tidak berani memberikannya' :D)

saya memang disebut yandere oleh teman saya, karena saya suka anime guro. dia beranggapan fans guro selalu yandere, padahal sama sekali tidak ada hubungannya.

saya lebih merasakan feel nya, kalau saya mencoba memadukan dengan diri saya.meskipun kadang malah ga nyambung dengan pengertian aslinya XD
tapi saat merasa menyatu dengan apa yang dibaca, itu sesuatu yang luar biasa.
meskipun itu adalah hal ilmiah.

No comments:

Post a Comment